NIKMAT DAN PENTINGNYA MENCARI ILMU

Hasil gambar untuk ILMU PENGETAHUAN


  1. Kewajiban Menuntut Ilmu
Menuntut ilmu atau belajar adalah kewajiban setiap orang islam. Bahkan, wahyu pertama Rasulullah SAW. adalah perintah untuk membaca atau belajar. Agama islam tidak membeda – bedakan hak dan kewajiban menuntut ilmu baik kepada laki – laki maupun perempuan. Menuntut ilmu tidak dibatasi oleh jarak dan waktu. Islam mengajarkan bahwa menuntut ilmu itu sejak buaian hingga liang lahat. Hukum Menuntut Ilmu
  • Fardu Kifayah
Hukum menuntut ilmu fardu kifayah berlaku untuk ilmu – ilmu yang harus ada dikalangan umat islam, seperti ilmu kedokteran, perindustrian, ilmu falaq, ilmu eksakta, dan ilmu – ilmu lainnya.
  • Fardu ‘Ain
Hukum mencari ilmu menjadi fardu ‘ain jika ilmu itu tidak boleh ditinggalkan oleh setiap muslim atau muslimah dalam segala situasi dan kondisi, seperti ilmu mengenal Allah SWT. Dengan segala sifat-Nya, ilmu tentang ibadah, dsb.
  1. Keutamaan Orang yang Menuntut Ilmu
            Diantara keutamaan – keutamaan orang yang menuntut ilmu dan yang mengajarkannya adalah :
  1. Diberikan derajat yang tinggi di sisi Allah SWT.
  2. Diberikan pahala yang besar dihari kiamat nanti.
  3. Merupakan sedekah yang paling utama.
  4. Lebih utama dari pada seorang ahli ibadah.
  5. Lebih utama dai shalat seribu raka’at.
  6. Diberikan pahala seperti pahala orang yang sedang berjihad.
  7. Dinaungi oleh malaikat pembawa rahmat dan dimudahkan menuju surga.
Salah satu Ayat Al – qur’an tentang ilmu pengetahuan. Q.S At – taubah/9:122
وَمَا كَانَ ٱلْمُؤْمِنُونَ لِيَنفِرُوا۟ كَآفَّةً ۚ فَلَوْلَا نَفَرَ مِن كُلِّ فِرْقَةٍ مِّنْهُمْ طَآئِفَةٌ لِّيَتَفَقَّهُوا۟ فِى ٱلدِّينِ وَلِيُنذِرُوا۟ قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوٓا۟ إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ
Artinya : “Dan tidak sepatutnya orang – orang mukmin itu semuanya pergi(ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya.”
Sedangkan Hadis tentang mencari Ilmu dan Keutamaannya yang diriwayatkan oleh Ibnu Abdul Barr yang berarti “Rasulullah SAW Bersabda; Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Dan sesungguhnya segala sesuatu hingga makhluk hidup di lautan memintakan ampun bagi penuntut ilmu” 


Comments

Popular posts from this blog

HORMAT KEPADA ORANG TUA

SYAJA'AH

KEPEDULIAN UMAT ISLAM TERHADAP JENAZAH